Minggu, 09 Desember 2012

FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN


FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNS
MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Rina Valia (valiarina@yahoo.com)
Universitas Sebelas Maret

ABSTRACT
Artikel ini mengemukakan tentang penggunaan facebook sebagai media pembelajaran mata kuliah Etka dan Kepribadian untuk mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan facebook cukup membuat pembelajaran lebih aktif, terutama bagi mahasiswa yang kurang cakap ketika di kelas.
Kata Kunci: facebook.

LATAR BELAKANG
Di era globalisasi sekarang ini, kita mengetahui bahwa teknologi berkembang sangat pesat. Dengan berkembangnya dunia teknologi tersebut banyak sekali situs-situs jejaring sosial yang mempengaruhi masyarakat. Seperti situs Facebook dan Twitter yang belakangan ini digemari hampir semua kalangan masyarakat. Seiring perkembangan zaman pemanfaatan jejaring sosial tidak lagi hanya sekedar menjadi media berkomunikasi semata, tetapi juga sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis, industri dan tentu saja dalam bidang pendidikan.
Dalam artikel ini penulis membahas tentang penggunaan facebook sebagai media pembelajaran mahasiswa Pendidikan Ekonomi kelas B1 mata kuliah Etika dan Kepribadian.


RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana penggunaan facebook untuk media pembelajaran?
2.      Mengapa menggunakan facebook untuk media pembelajaran dan bukan social network yang lain?

TUJUAN
1.      Mengemukakan hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan facebook  sebagai media pembelajaran mata kuliah Etika dan Kepribadian Mahasiswa B1 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS.
2.      Mengemukakan alasan-alasan mengapa social network yang digunakan untuk media pembelajaran mata kuliah Etika dan Kepribadian adalah facebook.

MANFAAT
1.      Bagi Mahasiswa
a.       Menambah wawasan berkaitan manfaat social network (facebook).
b.      Mengetahui sisi positif dari penggunaan facebook daslam kehidupan sehari-hari.

2.      Bagi Dosen
a.       Memberikan wawasan tentang contoh penggunaan media pembelajaran bagi Mahasiswa

KAJIAN PUSTAKA
1.      Kajian Facebook
a.       Pengertian
Facebook merupakan situs web jejaring sosial popular yang memungkinkan para penggunanya dapat menambah foto, kontak, atau informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. (http://www.idafazz.com/pengertian-facebook)

b.      Sejarah
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004. Awalnya penggunaan facebook hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Kemudian diperluas dalam ke sekolah lain di wilayah Boston, Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy Leagu. Kemudian banyak perguruan tinggi yang kemudian ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu setahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki surat-e suatu universitas dapat bergabung dengan situs jejaring sosial tersebut.
Pada September 2006, facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat e-mail. (http://www.idafazz.com/pengertian-facebook)
c.       Manfaat Facebook  dalam pendidikan
Situs jejaring sosial seperti facebook dapat membantu peserta didik dalam berinteraksi secara sosial dan akademik. Facebook memungkinkan peserta didik berhubungan akrab dengan pendidik dan siswa lain. Facebook menyediakan platform untuk berinteraksi dan berbagi pengetahuan. Facebook juga menyediakan fasilitas group untuk para siswa bergabung dan membahas berbagai topik,  berkolaborasi dan menggunakan aplikasi pendidikan untuk mengelola aktivitas belajar. (http://siagapulsa.info/facebook-membantu-siswa-sekolah-dalam-berinteraksi-secara-sosial-dan-akademik)


2.      Kajian Media pembelajaran
a.       Pengertian
Media pembelajaran merupakan alat yang berfungsi sebagai perantara atau penyampai isi berupa informasi pengetahuan berupa visual dan verbal untuk keperluan pengajaran. (http://www.syafir.com/2010/10/01/media-pembelajaran)

b.      Tujuan penggunaan Media Pembelajaran
(1)   Agar proses belajar mengajar yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan tepat dan berdaya guna.
(2)   Untuk mempermudah bagi pendidik dalam menyampaikan informasi materi kepadapeserta didik.
(3)   Untuk mempermudah bagi peserta didik dalam menyerap atau menerima materi yang disampaikan oleh pendidik.
(4)   Untuk mendorong keinginan peserta didik mengetahui lebih banyak dan mendalam tentang materi atau pesan yang disampaikan pendidik. (http://www.syafir.com/2010/10/01/media-pembelajaran)

c.       Manfaat Media Pembelajaran
Menurut Anonimos (2007: tanpa halaman) manfaat media pembelajaran adalah sebagai berikut :
(1)   Dapat menarik dan memperbesar perhatian peserta didik terhadap materi pengajaran.
(2)   Membantu peserta didik dalam memberikan pengalaman belajar yang sulit diperoleh dengan cara lain.
(3)   Menumbuhkan kemampuan peserta didik untuk berusaha mempelajari sendiri berdasarkan pengalaman dan kenyataan. (http://www.syafir.com/2010/10/01/media-pembelajaran)

3.      Hubungan Logis Media Pembelajaran terhadap Facebook
Facebook telah dikenal dan digunakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Bukan hanya karena cara membuat akun-nya yang cukup mudah, tetapi juga karena banyak manfaat dari facebook tersebut, salah satunya adalah manfaat di bidang pendidikan. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh yaitu untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Hal ini dapat dilakukan ketika pendidik tidak dapat menyampaikan materi secara langsung, maka materi tersebut dapat disampaikan melalui facebook dengan memanfaatkan fasilitas group yang juga dapat digunakan untuk sarana diskusi antara pendidik dengan peserta didik dan antara peserta didik dengan peserta didik lain.

METODE PENULISAN
Dalam penulisan ini penulis mengambil metode penelitian kualitatif yang didefinisikan oleh Prof. Dr. Lexy J. Moleong sebagai penelitian yang memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll., secara holistic dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.(2006:6) (http://skripsimahasiswa.blogspot.com/2007/11/penelitian-kualitatif-metode-kualitatif.html)

HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan media facebook cukup membantu penyampaian materi kuliah Etika dan Kepribadian kepada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS ketika dosen tidak bisa menyampaikan materi secara langsung. Selain itu facebook juga cukup diminati mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS karena facebook sangat mudah diakses. Meskipun sebenarnya banyak sekali social-network lain yang juga dapat digunakan, namun dari sekian banyak social-network tersebut, facebook merupakan social network yang mudah diakses menggunakan handphone karena muatan datanya lebih kecil dibandingkan dengan twitter atau blogger. Bahkan dengan media pembelajaran seperti itu mampu membuat mereka yang kurang cakap di kelas menjadi lebih aktif dalam pembelajaran melalui social-network (facebook) tersebut.
Pembelajaran yang dilakukan melalui facebook dapat digunakan sebagai ganti pertemuan yang tidak dapat dihadiri oleh dosen pengajar. Pembelajaran dapat dilakukan dengan memberikan  tugas kepada mahasiswa atau dimulai dengan diberikannya materi seperti permasalahan-permasalahan tertentu yang kemudian dibahas bersama oleh mahasiswa-mahasiswa tersebut.

SIMPULAN
Dari penelitian kualitatif yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa facebook cukup efektif dan efisien untuk digunakan sebagai media pembelajaran ketika dosen tidak bisa hadir mengisi pertemuan.
Langkah ini diambil karena facebook sangat mudah digunakan dibandingkan twitter dan blogger, bahkan hampir setiap orang sudah mendaftarkan diri sebagai anggota facebook sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cukup lancar.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.syafir.com/2010/10/01/media-pembelajaran
http://siagapulsa.info/facebook-membantu-siswa-sekolah-dalam-berinteraksi-secara-sosial-dan-akademik
http://skripsimahasiswa.blogspot.com/2007/11/penelitian-kualitatif-metode-kualitatif.html

0 komentar:

Posting Komentar