Sabtu, 06 Juli 2013

PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Rina Valia (K7411131)
                                                                                                            Kelas B Pend. Ekonomi
TUGAS I
Mata Kuliah  Manajemen Sumber Daya Manusia

       I.            PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

1.      Human resources management (HRM) is the recognition of the importance of an organization’s workforce as vital human resources contributing to the goals of the organization, and the utilization of several functions and activities to ensure that they are used effectively and fairly for the benefit of the individual the organization, and society. (Schuler, Dowling, Smart, dan Huber (1992:16))

2.         MSDM adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan.

3.      Sebuah proses dalam menangani pegawai, karyawan, buruh dan lainnya supaya kita dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam pekerjaan yang dilakukan karyawan tersebut pada perusahaan atau sebuah organisasi yang dinaunginya.

4.      Suatu prosedur berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.

5.      Serangkaian kegiatan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang memusatkan kepada praktek dan kebijakan, serta fungsi-fungsi manajemen untuk mencapai tujuan organisasi.



    II.            FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

De Cenzo and Robbins (1996), menyatakan bahwa fungsi manajemen sumber daya manusia terdiri dari :
1.      Staffing: strategic human resources, recruiting, and selection
2.      Training and development: orientation, employee training, employee development and career development
3.      Motivation: motivation theories and the job design, permormance appraisal, rewards and compensation, employee benefit
4.      Maintenance: safety and health, communication, employee relation

Fungsi operasional Manajemen Sumber Daya Manusia meliputi :
1.      Perencanaan Tenaga Kerja
Perencanaan tenaga kerja dimaksudkan ada upaya untuk merencanakan jumlah dan jenis tenaga kerja yang tepat untuk memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan guna mencapai tujuan organisasi. Apabila sudah memenuhi syarat, tenaga kerja akan ditempatkan sesuai keahliannya masing-masing.

2.      Pengembangan Tenaga Kerja
Tujuan pengembangan sumber daya manusia diarahkan untuk mengubah Sumber Daya Manusia yang potensial tersebut menjadi tenaga kerja yang produktif, serta mampu dan terampil sehingga menjadi efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi. Kegiatan ini dapat memotivasi karyawana untuk mempunyai kinerja yang baik sehingga dalam penilaian prestasi dapat maksimal.

3.      Penilaian Prestasi Kerja
Dengan adanya penilaian presatsi kerja, maka dapat diketahui karyawan yang mempunyai prestasi kerja yang baik maupun yang kurang. Hal ini akan berdampak pada pemberian kompensasi.

4.      Pemberian Kompensasi
Kompensasi dapat berupa finansial maupun non-finansial. Kegiatan disini meliputi penentuan sistem kompensasi yang mampu mendorong prestasi karyawan, dan juga menentukan besarnya kompensasi yang akan diterima oleh masing-masing pekerja secara adil.

5.      Pemeliharaan Tenaga Kerja
Di dalam pemeliharaan tenaga kerja ada pelaksanaan aspek ekonomis dan non-ekonomis yangn diharapkan dapat memberikan ketenangan kerja dan konsentrasi penuh bagi pekerja guna menghasilkan prestasi kerja yang diharapkan oleh organisasi. Yang perlu diperhatikan dalam kegiatan ini adalah kepuasan kerja karyawan, pengelolaan konflik, motivasi karyawan dan komunikasi yang terjadi dalam organisasi.

6.      Pemberhentian
Fungsi ini harus mendpaat perhatian yangn serius dari manajer SDM karena telah diatur oleh undang-undang dan mengikat bagi perusahaan maupun karyawan. Istilah pemberhentian adalah putusnya huungan kerja seseorang dari organisasi yang disebabkan oleh keinginan karyawan, keingina organisasi, pensiun, atau sebab-sebab yang diatur oleh undand-undang.


SUMBER-SUMBER :

1.      http://www.wikipedia.org/wiki/Manajemen_sumber_daya _manusia

0 komentar:

Posting Komentar