Sabtu, 06 Juli 2013

Persepsi adalah Inti dari Komunikasi

Rina Valia (K7411131)
Kelas B

Persepsi adalah Inti dari Komunikasi

“Perception is the core of communication” atau persepsi adalah inti komunikasi. Yang intinya menjelaskan bahwa persepsi adalah proses penafsiran informasi yang ditangkap oleh panca indera yang selanjutnya menghasilkan cara pandang kita terhadap sesuatu. Misalnya ketika mata kita melihat seorang perempuan bertubuh langsing, putih, dan berambut lurus, maka kita akan mempersepsikan perempuan itu cantik. Contoh lain misalnya, kita bertemu dengan seseorang yang kita lihat sangat sombong dan menyebalkan, maka itu akan membuat kita membentuk persepsi buruk tentangnya.
Persepsi dikatakan inti komunikasi karena persepsi sangat mempengaruhi proses komunikasi yang kita lakukan, baik komunikasi intrapersonal maupun interpersonal. Persepsi atau cara pandang kita terhadap sesuatu akan menentukan jenis dan kualitas komunikasi yang kita lakukan. Misalnya, kita berhadapan dengan seseorang yang kita persepsikan baik, maka komunikasi yang kita lakukan dengannya pun akan baik pula. Begitu juga sebaliknya, jika kita mempersepsikan ia buruk, maka kita tidak akan berkomunikasi dengan baik dengannya.
            Jika kita bertanya pada oranglain tentang persepsi mereka pada suatu hal, pasti jawaban dari orang-orang yang telah kita tanyai berbeda-beda. Hal ini dapat terjadi karena memang persepsi orang terhadap suatu hal tidak sama. Persepsi orang tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu latar belakang budaya, pengalaman, psikologis, dan kondisi faktual yang saat itu kita tangkap.


0 komentar:

Posting Komentar