Rina Valia (K7411131)
Kelas B
Persepsi adalah Inti dari Komunikasi
“Perception is the core of communication” atau persepsi adalah inti komunikasi. Yang intinya menjelaskan
bahwa persepsi adalah proses penafsiran informasi yang ditangkap oleh panca
indera yang selanjutnya menghasilkan cara pandang kita terhadap sesuatu.
Misalnya ketika mata kita melihat seorang perempuan bertubuh langsing, putih,
dan berambut lurus, maka kita akan mempersepsikan perempuan itu cantik. Contoh
lain misalnya, kita bertemu dengan seseorang yang kita lihat sangat sombong dan
menyebalkan, maka itu akan membuat kita membentuk persepsi buruk tentangnya.
Persepsi dikatakan inti komunikasi karena persepsi sangat
mempengaruhi proses komunikasi yang kita lakukan, baik komunikasi intrapersonal
maupun interpersonal. Persepsi atau cara pandang kita terhadap sesuatu akan
menentukan jenis dan kualitas komunikasi yang kita lakukan. Misalnya, kita
berhadapan dengan seseorang yang kita persepsikan baik, maka komunikasi yang
kita lakukan dengannya pun akan baik pula. Begitu juga sebaliknya, jika kita
mempersepsikan ia buruk, maka kita tidak akan berkomunikasi dengan baik
dengannya.
Jika kita bertanya pada oranglain
tentang persepsi mereka pada suatu hal, pasti jawaban dari orang-orang yang
telah kita tanyai berbeda-beda. Hal ini dapat terjadi karena memang persepsi
orang terhadap suatu hal tidak sama. Persepsi orang tersebut dipengaruhi oleh
beberapa faktor yaitu latar belakang budaya, pengalaman, psikologis, dan
kondisi faktual yang saat itu kita tangkap.
0 komentar:
Posting Komentar